Senin, 16 Januari 2017

運動会 Undoukai - Festival Olahraga Anak dan Keluarga!




Hai teman-teman!

Sebentar lagi sudah akan memulai semester baru nih, tetap semangat! Seperti yang dikatakan pepatah jepang 子供は風の子 Kodomo wa kaze no ko yang berarti anak yang bermain di luar seberapa kencang ataupun dinginnya angin di luar.

Baiklah, seperti yang sudah kutulis di post lalu. Kali ini aku akan menulis tentang 運動会 Undoukai atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah festival olahraga. Baiklah, jadi apakah teman-teman sewaktu kecil pernah ada lomba olahraga di sekolah? Yup, di Jepang dikenal dengan istilah ini. Pada musim panas, sekolah di Jepang akan menyelenggarakan undoukai.

Lalu siapa saja yang ikut serta dalam festival olahraga ini? Tentu selain murid-murid dan gurunya, sekolah akan mengundang keluarga dan tamu penting jika diperlukan. Salah satu tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada keluarga sang anak betapa aktifnya dia di sekolah. Ini juga menjadi kesempatan bagus untuk seorang anak membuat bangga kedua orang tuanya. Lalu bagaimana sih serunya Undoukai?


setting up for sports day
https://www.tofugu.com
Sebelum memulai, tentu kita harus mengenali dulu suhu di Jepang ketika musim panas. Karena undoukai akan berlangsung seharian di tengah panasnya Jepang yang suka disebut 蒸し暑い Mushiatsui yaitu panas lembab. Perlu ada persiapan seperti topi, handuk, baju olahraga, bentou, tikar, payung dan sunblock. Nah, keluarga di Jepang biasanya membawa tikar untuk duduk menyaksikan anak-anaknya berlomba, dan tidak lupa dengan membawa bekal makanan yang cukup!




Nah, kalau kita lihat dari gambar di atas, terlihat menarik bukan? Para orang tua duduk bersama di lapangan sekolah terbuka, dan menonton perlombaan sambil menyemangati. Lalu, apa saja sih yang diselenggarakan saat undoukai ini?

Seperti festival olahraga pada umumnya, tentu ada Opening Ceremony terlebih dahulu. Kepala sekolah yang biasanya menyampaikan pesan-pesannya, disusul oleh ketua osis (salah satu ketua kelas jika masih di tingkat SD), dan perwakilan orang tua. Setelah itu, mereka akan mengibarkan bendera. Wah, tidak beda jauh dengan yang biasa ada di Indonesia ya.

Selanjutnya adalah pemanasan. Tentu saja pemanasan ini tidak hanya dilakukan sendiri-sendiri dan hanya peserta lombanya saja, orang tuapun bisa ikut serta lho! Kalau zaman sekarang, sekolah-sekolah sudah memakai lagu-lagu pop modern, tapi lagu dengan instrumen piano yang tradisional ini juga tidak luput dari hati para peserta lho teman-teman. Kita lihat yuk di bawah.
Pemanasan ini namanya ラジオ体操 Rajio Taisou



Bagaimana? Asyik sekali kan?
Nah, setelah rajio taisou maka acara perlombaan baru dimulai.
PERLOMBAAN
https://c1.staticflickr.com/1/307/18007439334_3e526bd3e1_b.jpg
Perlombaan yang paling umum dilakukan adalah, ムカデ競争 Mukade Kyousou. Ini adalah balapan dengan kaki diikat, kelompok mana yang tidak kompak pasti akan jatuh!
Tidak kalah dengan para murid, keluarga yang datang pun bisa berpartisipasi lho!

http://www.urawa-th.spec.ed.jp/
Siapa yang tidak kenal lomba tarik tambang? Kalau di kita sebutannya adalah tarik  tambang, dalam Bahasa Jepang dinamakan 綱引き Tsunahiki. Yep, pada Undoukai juga diadakan permainan ini lho. Selain anak-anak yang bermain, dalam permainan ini pun orang tua kerap diundang untuk bergabung. Hal seru lainnya adalah, biasanya dibuat team Guru dan team Orang tua. Sang anak akan menonton guru-gurunya yang setiap hari mengajar di kelas untuk bersaing dengan orang tua mereka dalam perlombaan, wah seru sekali.

Dan masih banyak lagi perlombaan lain yang diadakan seharian. Wah, asyik sekali ya kegiatan sekolah di Jepang ini. Acara mengasyikkan ini namun tentu harus berakhir ketika sudah menjelang sore hari. Para peserta, komite orang tua, dan guru-guru berkumpul kembali di lapangan sekolah untuk melakukan Closing Ceremony, yang juga menjadi ajang penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. Betapa bangganya jika seorang anak dapat menunjukkan piala yang didapat hari itu kepada orang tuanya.

Bagaimana teman-teman? Ingin sekali-kali mencoba berpartisipasi dalam Undoukai?
Baiklah sampai di sini dulu postku kali ini, sampai bertemu di post selanjutnya tentang apa saja yang terjadi di keluarga Jepang ketika anak-anaknya sudah mulai tumbuh dewasa.
Hehehe, sampai jumpa!

2 komentar:

  1. Kelihatannya acaranya seru! Terutama dengan meng-involvekan keluarga dengan anaknya, acaranya semakin bermakna dan bisa mengeratkan hubungan keluarga. Nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih angelia, yupp benar sekali. Dengan begini hubungan antar anak dan orangtua juga kegiatan sekolah mereka akan terasa lebih kekeluargaan

      Hapus