Jumat, 23 Desember 2016

じこしょうかいーPerkenalan!

Haloo teman-teman!

Perkenalkan, namaku Muhammad Iqbal Azzyz. Biasanya dipanggil Iqbal, tapi ada beberapa panggilan yang hanya beberapa orang yang tau, ehehe <3 . Saat post ini dibuat, aku sedang menjalani semester 3 di Jurusan Sastra Jepang Binus University. Tidak jarang tentunya nih, aku ditanya kenapa memilih jurusan ini. Aku tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi dengan orang Jepang, apa yang membuat masyarakat mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang menumbuhkan sifat tersendiri. Dari hal-hal termudah, teman-teman pernah mendengarkan perbedaan penggunaan eskalator di Tokyo dan Osaka? Ya, jika kita berada di Tokyo maka kita akan menemukan orang-orang yang menaiki eskalator akan berdiri di sisi kiri dan mengosongkan sisi kanan. Sebaliknya di Osaka, orang-orang akan berdiri di sisi kanan, dan mengosongkan sisi kiri. Ini adalah hal-hal kecil yang menarik untuk dipelajari. Selain itu masih banyak sekali hal yang ingin kupelajari, karena dunia ini memiliki rahasianya tersendiri.

Lalu, blog ini tentang apa sih?
Nah, sebelumnya aku mau bercerita sedikit tentang mengapa aku membuat blog ini. Pertama-tama, aku memang suka menulis. Apapun yang suka tiba-tiba melintas di pikiran, pasti akan masuk ke catatan di HP, atau langsung ditaruh di komputer untuk jadi prolog sebuah cerita. Lalu kemudian, suatu hari setelah pulang bermain dengan teman-teman, aku kepikiran untuk membuat blog ini.


https://www.japancentre.com
Judul dari blog ini adalah Dango Daikazoku. Di atas kutulis dalam huruf hiragana yang artinya Keluarga Besar Dango. Teman-teman pernah mendengar dango? Dango adalah snack manis di Jepang berbentuk bola dan biasanya disajikan dengan tusukan sate. Satu tusuk biasanya ada 3 dango, warna merah muda, kuning, dan hijau. Nah, mereka ini sangat lucu. Jika mereka jumlahnya banyak, maka akan terlihat seperti sebuah keluarga besar yang sedang berkumpul. Itulah kenapa aku memilih nama ini.

Kebetulan sekali aku sangat suka hal-hal yang berbau keluarga, bisa dibilang aku family-oriented. Yup, menurutku keluarga adalah hal yang sangat indah yang diberikan kepada kalian. Di dalam kehidupan, kita tentu akan berasal dari suatu tempat sebelum akhirnya bisa beranjak pergi sendiri dan menemui dunia nyata. Bagiku, keluarga adalah tempatku berasal dan tempatku untuk pulang. Maksudnya apa? Kalau aku sudah selesai bertugas di kampus, atau selesai dari menjalani event, jika ada tempat di mana aku bisa melepas kehidupanku sementara dan tak memikirkan apapun, itu adalah di sekeliling keluargaku.

Namun tentu saja, sebutan keluarga bisa untuk selain keluarga kandung lho. Beberapa teman mainku sejak dulu sampai sekarang juga kusebut mereka keluarga. Intinya, keluarga adalah tempat di mana kamu dapat melepas beban dan keluh kesahmu tanpa harus memikirkan apapun.

Nah, sekian dulu teman-teman. Di post selanjutnya aku akan membahas bagaimana keluarga di Jepang dan bagaimana mereka berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa coba bandingkan juga lho!

6 komentar:

  1. Halo Iqbal! Looking forwards for the updates!
    Ganbatte!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, semoga harimu menyenangkan Luna :)

      Hapus
  2. Aku sangat suka dango! looking forward to all the clannad references in the future :>

    BalasHapus
  3. Hehei~ the one who knows dango. Nakama da!
    Iyey! Thank you so much.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Hai, salam kenal! Tetap menjadi nakama kita ya! Ehe <3

      Hapus